Ini Dia 10 Film Korea Terbaik Sepanjang Masa

Hallo Korea Lovers, ketemu lagi sama mimin. Kali ini mimin akan membahas 10 film korea terbaik sepanjang masa. Korea Selatan merupakan salah satu negara Asia yang memiliki industri perfilman yang berkualitas. Tahun ini saja, Parasite menjadi film pertama asal Korea Selatan yang memenangkan penghargaan tertinggi Cannes Film Festival, Palme d’Or. Tak heran, film yang disutradarai Bong Joon-Ho ini disebut-sebut sebagai salah satu film Korea terbaik yang pernah dibuat. Selain Parasite, tentu masih banyak film yang diproduksi oleh negara yang terletak di Asia Timur tersebut. Mau tahu apa saja? Simak di bawah ini!

1. Train to Busan (2016)

Selain film komedi romantis, Korea Selatan juga sukses menghadirkan film zombie yang berkualitas lewat Train To Busan. Sesuai dengan judulnya, film yang disutradarai oleh Yeon Sang-Ho ini mengambil latar tempat di kereta menuju Busan, di mana keselamatan para penumpang kereta terancam bahaya ketika Korea mengalami serangan zombie di berbagai wilayah. Train To Busan tidak hanya menghadirkan ketegangan, namun juga dilengkapi adegan yang menghibur dan menyentuh serta penampilan apik dari setiap bintangnya. Tak heran, kesuksesan film ini membuat kisahnya pun akan dibuat kembali dalam versi berbahasa Inggris oleh studio Prancis, Gaumont.

2. Miracle in Cell No. 7 (2013)

Mengusung kisah kekeluargaan yang hangat dan menyentuh, Miracle in Cell no. 7 berkisah tentang seorang pria cacat mental bernama Yong-goo (Ryoo Seung-ryong) yang walaupun tidak bersalah harus dipenjara atas tuduhan pembunuhan. Ia pun berteman dengan para kriminal di selnya yang bersedia membantunya bertemu putrinya dengan membawanys masuk ke dalam sel. Walaupun tidak dibintangi deretan bintang papan atas, film yang disutradarai oleh Lee Hwan-Kyung ini secara mengejutkan menjadi film komedi terlaris sepanjang masa sebelum pada akhirnya digeser oleh Extreme Job pada awal tahun ini. Adapun, film ini akan dibuat ulang oleh rumah produksi Indonesia, Falcon Pictures.

3. Oldboy (2003)

Diadaptasi dari manga berjudul sama karya Nobuaki Minegishi dan Garon Tsuchiya, Oldboy mengikuti kisah Oh Dae-su (Choi Min-Sik), seorang pria yang dikurung selama 15 tahun di ruangan hotel tanpa tahu siapa dan motif di balik hal tersebut. Ketika akhirnya dibebaskan, ia mendapati dirinya terjebak di antara konspirasi dan kekerasan. Di tengah misi balas dendamnya, ia jatuh cinta dengan seorang chef sushi muda (Kang Hye-Jung). Kepiawaian Park Chan-Wook mengadaptasi kisah manga ini ke layar lebar menjadikan film ini memenangkan Grand Prix pada Cannes Film Festival 2004.

4. The Thieves (2012)

Jika Hollywood punya Ocean’s Eleven, Korea Selatan punya The Thieves sebagai film pencurian terbaik dengan deretan bintang papan atas. Disutradarai oleh Choi-Dong-Hoon, film ini mengikuti kisah Popie (Lee Jung Jae), Yeni Call (Jun Ji Hyun), Zampano (Kim Soo Hyun) dan Chewing Gum (Kim Hae Sook) adalah sekelompok pencuri profesional asal Korea Selatan yang bekerja sama dengan tim pencuri Hong Kong untuk mencuri berlian, The Tear of Sun yang bernilai 20 juta dollar. Tak disangka, masing-masing dari mereka memiliki agenda masing-masing untuk mencuri berlian tersebut. Menghadirkan kisah penuh intrik, The Thieves sukses mengantongi lebih 12 juta penonton dan menjadi film terlaris di Korea sebelum akhirnya dikalahkan oleh The Admiral: Roaring Currents pada 2014.

5. Along with the Gods: The Two Worlds (2017)

Along with the Gods: The Two World merupakan film yang semakin mengukuhkan Korea Selatan sebagai salah satu industri perfilman paling maju di dunia. Film yang disutradarai oleh Kim Yong-Hwa ini tidak hanya hadir dengan kisah yang menyentuh namun juga hadir visual efek yang mumpuni. Film yang diadaptasi dari webtoon berjudul sama ini mengikuti kisah seorang pemadam kebakaran (Cha Tae-Hyun) yang menjadi suri tauladan setelah meninggal harus melakukan perjalanan dengan tiga malaikat pencabut nyawa demi melintasi ujian sebelum renkairnasi. Film ini tidak hanya menuai ulasan positif, namun juga kesuksesan box office dengan meraih lebih dari 14 juta penonton. Tak hanya itu, sekuelnya The Last 49 Days juga mengukuhkan kesuksesan waralaba ini dengan turut meraih lebih dari 10 juta penonton.

6. Thirst (2009)

Selain The Handmaiden, karya brilian lain dari Park Chan Wook adalah Thirst. Mencoba mengeksplorasi kisah teror dari mahluk penghisap darah, Vampir, Thirst tidak hanya menghadirkan adegan teror horor penuh darah dan ketegangan namun juga menambah keunikan tersendiri dengan kehadiran melodrama di dalamnya. Kisahnya mengikuti seorang pendeta Katolik (Song Kang-Ho) yang berubah menjadi vampir yang di sisi lain harus melawan perasaan cintanya untuk istri sang sahabat.

7. Sunny (2011)

Film komedi dengan sentuhan persahabatan antar remaja hadir lewat film Korea berjudul Sunny. Mengambil dua latar waktu yaitu masa kini dan masa remaja para tokoh utamanya, film ini mengikuti kisah Im Na-Mi (Yoo Ho-Jeong), seorang perempuan paruh baya yang mencoba mengabulkan permintaan terakhir sahabatnya sebelum meninggal dengan mengumpulkan semua anggota geng masa sekolah mereka. Menghadirkan momen nostalgia yang kental dengan momen persahabatan yang haru, Sunny memperoleh popularitas dan menjadi salah satu film terlaris dan sering dibicarakan di Korea Selatan. 

8. Burning (2018)

Diadaptasi dari cerita pendek berjudul Barn Burning dari buku The Elephant Vanishes karya Haruki Murakami, Burning mengikuti kisah Jong-Su (Yoo Ah-In) yang bertemu kembali tetangganya Hae-Mi (Jun Jung-Seo). Ketika Hae-Mi kembali dari Afrika, ia memperkenalkan Ben (Steven Yeun), pria yang memberitahu hobi anehnya. Menjadi satu-satunya film Korea yang pernah menembus 9 besar nominee untuk kategori Film Berbahasa Asing Terbaik pada ajang Academy Awards, Burning disebut-sebut sebagai salah satu film terbaik berkat narasi kisahnya yang berlapis dan ambigu yang mana membuat para penontn tidak cukup hanya satu kali menonton film ini.

9. My Sassy Girl (2001)

Disutradarai oleh Kwak Jae-Young, salah satu film komedi romantis terlaris ini mengikuti kisah Gyeon Woo (Cha Tae-Hyun), seorang mahasiswa yang menghabiskan waktunya dengan minum dan berpesta. Suatu hari ia bertemu dengan perempuan muda (Jun Ji0Hyun) yang menyenderkan kepala kepadanya dan sejak itu petualangan cinta yang gila antara keduanya pun dimulai. Tidak hanya lucu dan menghibur, film ini juga didukung chemistry kedua bintang utamanya yang luar biasa. Film ini pun membuat karir Cha Tae-Hyun maupun Jun Ji-Hyun langsung meroket. Hingga saat ini, My Sassy Girl pun digadang-gadang sebagai film komedi romantis klasik terbaik yang pernah dibuat Korea Selatan.

10. The Man From Nowhere (2010)

Disutradarai oleh Lee Jeong Beom, The Man From Nowhere mengikuti kisah mantan tentara khusus bernama  Cha Tae-Shik (Won Bin) yang harus keluar dari persembunyian untuk menyelamatkan So-Mi (Kim Sae Ron) yang diculik oleh gangster. Tidak hanya hadir dengan adegan aksi yang seru, film ini juga didukung kisah yang menyentuh serta penampilan apik Won Bin. Tak heran, The Man From Nowhere menjadi film tersukses Korea Selatan pada tahun perilisannya.

Itulah 10 Film Korea Terbaik Sepanjang Masa, tertarik untuk menontonnya?

Published on: 12/14/19, 3:14 AM